Waldemar kt0 QS0 F Py Cc unsplash

16

Okt

2015

KEISTIMEWAAN ANGKA TUJUH

Menurut cerita angka 7 telah mempesona sejak jaman dahulu kala. Banyak hal di dunia ini yang identik dengan angka 7. Seperti ada 7 hari dalam seminggu, 7 warna pelangi (vibgyor), 7 skala musik, hingga 7 samudera. Tubuh manusia sendiri terdiri dari 7 lubang baik perempuan ataupun laki-laki, lapisan kulit manusia terdiri dari 7 lapis. Bahkan bila kita menelepon teman kamu atau nomor siapa saja yang tidak menggunakan nada sapa, akan ada 7 kali bunyi "tuut" sampai akhirnya panggilan kamu di hentikan karena tidak ada jawaban. Ada lagi, pesawat-pesawat buatan Boeing itu selalu diawali atau diakhiri dengan angka 7 (terbaru 787 Dreamliner mengantikan 707).

Di China angka 7 dihubungkan dengan kehidupan gadis, dimana gadis mempunyai gigi susu pada usia 7 bulan dan tanggal pada usia 7 tahun, dalam 2 x 7 tahun “roda yin” membuka ketika ia mencapai masa puber, dan pada 7 x 7 = 49 datanglah masa monopause. Dalam budaya China, hari ketujuh pada bulan pertama tahun lunar juga dikenal sebagai Human's Day yang dirayakan sebagai hari ulang tahun seluruh manusia.

Kesakralan angka 7 ditemui pula di Amerika pra-Columbian dimana bangsa Maya percaya bahwa pada 7 lapis langit dan menganggap 7 sebagai angka penjuru mata angin. 7 juga merupakan jumlah huruf yang digunakan dalam angka Romawi (yaitu: C, D, I, L, M, V, dan X). Tanda Bahaya juga berbunyi 7 kali. Ketika terjadi bahaya di pelayaran, biasanya sirine atau alarm berbunyi sebanyak 7 kali.

Dalam Ilmu pengetahuan, angka 7 adalah dasar dari akumulasi angka yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari 7 atom, 7 partikel terkecil dan seterusnya. Jumlah baris dalam tabel periodik adalah tujuh. 7 juga merupakan nilai pH air sebagai unsur utama penunjang kehidupan . Salah satu fakta yang paling menarik dalam ilmu psikologi tentang angka tujuh adalah korelasinya dengan kemampuan kognitif manusia. Batas-batas kemampuan kognitif dalam kisaran 7 atau minus 2.

Secara Aritmetika, 7 adalah satu-satunya angka yang tidak bisa dibagi dengan angka lain yang ada di dalam kelompok itu. Contohnya, angka 1,2,3,4, dan 5 dapat dikalikan 2 dan hasilnya masih di bawah 10. Sementara itu, angka 6, 8 dan 10 bisa dibagi dengan dua dan angka 9 bisa dibagi dengan 3. Berbeda halnya dengan 7, yang tidak bisa dibagi dengan angka lain di deretan tersebut. Keistimewaan angka 7 selanjutnya adalah setiap sisi pada dadu pasti jika dijumlahkan maka jumlahnya 7, 1+6, 2+5, 3+4

Secara rumus Pitagoras, 7 dianggap sebagai angka sempurna. Sebab tujuh adalah gabungan antara angka tiga dan empat, segitiga dan persegi.

Angka 7 juga banyak dijumpai di India, menurut cerita, angka 7 adalah angka terpenting di Weda selain angka 3. Angka 7 secara khusus berkaitan dengan Agni, Dewa Api yang memiliki 7 istri, ibu, dan adik serta 7 api, balok atau lidah, dan lagu-lagu yang diperuntukkan baginya berjumlah 7. Dalam kepercayaan mereka Dewa Matahari mempunyai 7 kuda penarik keretanya di langit. Dalam tradisi Hindu angka 7 dikaitkan dengan jumlah cakra yang ada dalam tubuh manusia. Dalam tubuh manusia memancar cakra yang menjadi kekuatan diri, meliputi; swadhistana, muladara, manipura, wisudha, anahata, sahasra, dan ajna.

Dalam agama Yahudi hari ke 7 menjadi hari libur suci, sehinga disakralkan, pada hari ke 7 itu larangan bekerja diubah menjadi perintah. Dalam tradisi Yahudi, 7 adalah lambang kecerdasan. Mereka juga mempunyai tujuh Hari Besar Agama dalam satu tahun.

Dalam kitab Perjanjian Lama penuh angka 7. Pada generasi ke 7 setelah Adam, hiduplah Lamech (silsilah dari Adam ) selama 777 tahun dan harus membayar balas dendam selama 777 tahun (Kejadian : 4.24). Tujuh tahun langkah menuju Kuil Sulaiman berhubungan dengan 7 cerita tentang kuil Kuil Babilonia. Lalu Merpati Nuh menghilang selama 7 hari, dan tanda-tanda datangnya muncul selama 7 hari, Sungai Eufrat terbagi menjadi 7 aliran.

Pada abad ke -14, sejarawan Mesir al-Maqrizi mengatakan bahwa orang-orang Kristen di Mesir (Koptik) merayakan 7 pesta besar dan 7 pesta kecil di gereja mereka. Dimana pesta yang dilangsungkan adalah 7 untuk pesta kesenangan dan 7 untuk pesta kesedihan Maria yang selaras dengan irama heptadik. Oleh karena itu dalam musik renaisans terdapat sejumlah lagu dengan 7 suara, yang biasanya dipersembahkan kepada Perawan Maria atau berkaitan dengan 7 pahala Roh Kudus. Angka 7 juga akrab dijumpai dalam tradisi Kristen seperti 7 duka perawan Maria, 7 kata-kata terakhir Yesus di kayu salib, 7 kebajikan dan 7 dosa yang mematikan (nafsu, rakus, serakah, malas, marah, iri, dan sombong).

Dalam Budha (Sidharta Gautama) yang ketika baru lahir diyakini oleh pengikutnya, langsung menapak 7 langkah. Ia mencari keselamatan selama 7 tahun dan mengitari pohon Bodhi selama 7 kali sebelum duduk bermeditasi di bawahnya. Masih menurut cerita, bahwa Surga Budha mempunyai 7 tingkat, 7 karya keagamaan akan membawa manfaat bagi orang orang yang mempercayai kehidupan ini.

Dalam Islam, yang menarik dan untuk dicatat adalah, bahwa surah pertama dalam al-Qur’an, al-Fatihah mempunyai 7 ayat. Kalimah Syahadat dalam Laa Ilaaha ilaa Allaah, Muhammad Rasul Allah terdiri dari 7 kata. Menurut al-Qur’an Tuhan menciptakan langit dan bumi menjadi 7 lapis. Terdapat tujuh ayat dalam al-Qur’an yang menjelaskan tentang penciptaan langit. (QS. al-A’raf: 54; QS. Yunus: 3; QS. Hud: 7; QS. al-Furqan: 59; QS. as-Sajadah: 4; QS. Qaf: 38; dan QS. al Hadid: 4). Kalimat "Kun Fayakun", ucapan Allah saat berkehendak mencipta juga terdiri dari 7 huruf yaitu kaf, nun, fa, ya, kaf, wau, dan nun (Lihat: QS. Al-Baqarah [2]: 117).

Lalu Thawaf mengelilingi Ka’bah di Mekkah dilakukan sebanyak 7 kali, demikian juga dengan lari-lari kecil (Sa’i) antara Shafa dan Marwah. Pada akhir haji, dekat Mina, Syetan di lempar sebanyak tiga kali masing-masing dengan 7 buah kerikil kecil yang lazim disebut melempar Jumroh. 7 juga merupakan jumlah pintu baik Surga maupun Neraka.

Angka 7 juga disukai oleh kaum Sufi. Tasawuf memperbincangkan 7 Lathaaif, atau titik-titik subtil pada tubuh tempat kaum Sufi memusatkan kekuatan spiritualnya.

Dalam tradisi Jawa, ada moment tertentu yang berhubungan dengan angka 7. Sebagai contoh ketika orang hamil sudah usia 7 bulan, maka diadakan selamatan dengan istilah yang disebut “Tingkepan”. Lalu pada bayi yang telah berusia 7 bulan, maka ada prosesi yang dinamakan Turun Tanah.

7 = Pitu (bahasa jawa), sebagian orang jawa menganggap pitu merupakan kependekan dari pitulungan atau pertolongan, karena itu angka 7 merupakan angka yang baik. Berbagai ritual dalam tradisi Jawa juga identik dengan angka 7, seperti Mandi Kembang 7 Rupa atau Kembang 7 Taman lalu ada lagi Minum Air 7 Sumur. Bahkan nenek moyang kita jaman dahulu memiliki sumpah serapah sampai 7 turunan.

Demikianlah Tuhan Yang Maha Kuasa dan Yang Maha Berkehendak telah menciptakan alam semesta dengan penuh misteri, seperti misteri nya angka 7.

Sumber tulisan : disadur dari berbagai sumberSumber foto : Waldemar

Tentang Penulis

Foto 2

Muhammad Ihwan

Muhammad Ihwan. Kelahiran Yogyakarta, tinggal di Gresik. Suka membaca dan menulis, seneng marketing dan public relations. Pernah menjadi Juru Bicara Perusahaan dan mengelola penjualan retail untuk seluruh wilayah Indonesia, serta mengelola program TJSL, CSR, dan comdev. Saat ini bertugas mengembangkan produk-produk baru perusahaan.

Top 10 Negara Pengunjung:
Total Pengunjung: