Masjid al irsyad bandung barat orig

13

Agu

2016

MASJID AL-IRSYAD YANG FUTURISTIK

  • Traveling
  • 272x dibaca
  • 0 Komentar

Masjid al-Irsyad ini luar biasa keren, bahkan National Frame Building Association memilih Masjid al-Irsyad, menjadi satu-satunya bangunan tempat peribadatan di Asia yang masuk 5 (lima) besar Building of The Year tahun 2010. Masjid Al-Irsyad ini terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Masjid yang dibangun tahun 2009 dan diresmikan pada tahun 2010 ini diarsiteki oleh Ridwan Kamil, Walikota Bandung saat ini. Selain Building of The Year tahun 2010, Masjid ini juga mendapatkan penghargaan sebagai FuturArc Green Leadership Award 2011 oleh Building Contruction Information (BCI).

Masjid ini eksteriornya menakjubkan, bentuknya yang menyerupai Ka’bah terlihat begitu anggun. Susunan batu bata pada dinding masjid tersebut benar-benar mengagumkan, penyusunan bata yang berbentuk lubang seperti kisi-kisi pada bidang-bidang tertentu di antara bata solid, jika dilihat dari agak jauh, menghadirkan lafaz arab dua kalimat syahadat.

Interior dalamnya tidak kalah menarik dan unik. Ruang sholat masjid ini tidak memiliki tiang penopang sehingga terkesan lebih luas. Lampu penerangan interior berjumlah 99 buah, sebagai perlambang Asmaul Husna. Ohya, Mihrabnya juga tidak kalah bagus, mihrab masjid ini terbuka sehingga pemandangan hijau di belakang mihrab dapat terlihat dengan jelas. Sungguh pengalaman yang berkesan sempat singgah di masjid yang cantik ini.

Tentang Penulis

Foto 2

Muhammad Ihwan

Muhammad Ihwan. Kelahiran Yogyakarta, tinggal di Gresik. Gemar membaca dan menulis, menyenangi marketing dan public relations. Pernah menjadi Humas, sehari-hari mengelola penjualan retail Petrokimia Gresik wilayah Luar Jawa-Bali.

Tambahkan Komentar

First Name*
Komentarmu*
Top 10 Negara Pengunjung:
Total Pengunjung: