Jejamuran 2 orig

01

Jun

2013

"MENJAMUR" DI JEJAMURAN YOGYA

  • Traveling
  • 104x dibaca
  • 0 Komentar
  • Nomer Telepon (0274) 868170
    Alamat Jl. Pendowoharjo No.RT.01, RW.20, Niron, Pandowoharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55512
    Website Url http://www.jejamuran.com

    Ini kali kesekian saya berkunjung ke Jejamuran.. rasanya nyaris setiap ke Yogya saya selalu mampir kesini. Sebenarnya, Jejamuran resto ini merupakan usaha yang dikembangkan untuk mendukung usaha pembibitan jamur yang terlebih dahulu dikembangkan sejak tahun 1997. Jamur yang digunakan beraneka ragam, seperti jamur tiram (Pleorotus ostreatus), jamur merang (Volvariella volvacea), jamur shiitake (Lentinula edodes), jamur kancing (Agaricus bisporus), jamur lingzhi dan yang lain.. Jejamuran terletak di daerah Pandowoharjo, Sleman-Yogyakarta, letaknya tidak jauh dari pusat kota Sleman, Kita yang dari Jogja ke arah Magelang, dari perempatan lampu merah alun-alun kota Sleman terus saja sampai lampu merah berikutnya di perempatan beran lor (ada papan nama Jejamuran di pinggir jalan), belok kanan sekitar 500 meter di kiri/utara jalan..

    Sambil menunggu pesanan makanan datang, kita bisa melihat-lihat bagian belakang resto yang dijadikan perkebunan jamur. Di sini diperlihatkan berbagai jenis jamur dan cara-cara bercocok tanamnya. Kita juga bisa membeli baglog (media tumbuh jamur) yang sudah siap tumbuh untuk dibawa pulang.

    Ohya, disini juga ada jamur Maetake (Grifola Frondosa) adalah nama jamur yang telah digunakan untuk mengurangi rasa sakit, mual, rambut rontok dan efek samping lainnya negatif dari kemoterapi. Jamur ini selain sarat dengan antioksidan yang sangat kuat yang disebut ergothioneine yang dapat membantu melindungi sel-sel dan mengurangi risiko tertular penyakit kronis, juga memiliki sifat antivirus yang sangat kuat dan dikabarkan telah terbukti dapat membunuh virus HIV dalam percobaan laboratorium. Jamur ini juga telah banyak digunakan untuk mengobati hepatitis dan sindrom kelelahan kronis. Ini juga mungkin memiliki nilai dalam mengobati tekanan darah tinggi dan meningkatkan kadar insulin. Tambah mbois, kan?!

    Rasa hidangan di Jejamuran memang selezat reputasinya. Masakan diolah sedemikian rupa sehingga rasanya bisa menyaingi rasa masakan konvensional. Misalnya sate jamur kancing, rasa sate jamurnya serupa tapi tak sama dengan sate ayam. Mirip daging ayam, tetapi memiliki keunikan tersendiri, baik rasa maupun teksturnya. Jejamuran not only sells dishes based on mushrooms, but they also sell some fresh mushrooms. Some of them are pretty unique. I was taken by a salmon-colored ones. At first, I thought they were roses or something. The yellow ones are also pretty! Well, beneran! sungguh menyenangkan (juga mengenyangkan) berkunjung kesini.. so Recommended!!!

    Tentang Penulis

    Foto 2

    Muhammad Ihwan

    Muhammad Ihwan. Kelahiran Yogyakarta, tinggal di Gresik. Gemar membaca dan menulis, menyenangi marketing dan public relations. Pernah menjadi Humas, sehari-hari mengelola penjualan retail Petrokimia Gresik wilayah Luar Jawa-Bali.

    Tambahkan Komentar

    First Name*
    Komentarmu*
    Top 10 Negara Pengunjung:
    Total Pengunjung: