Museum affandi 1

02

Jan

2017

ZIARAH MAKAM IL MAESTRO AFFANDI, YOGYA

  • Traveling
  • 540x dibaca
  • 0 Komentar

Dibelakang saya adalah makam seorang pelukis legendaris Indonesia dan dunia; Affandi. Affandi Koesoema lengkapnya. Maestro kelahiran Cirebon ini adalah satu-satunya pelukis di dunia yang dijuluki "Maestro" oleh Herald Tribune.. iL Legend ini adalah pelukis yang sejatinya beraliran ekspresionisme, walaupun ia sendiri tidak pernah mau tau soal ini..

Lokasi makam Affandi dan Museum-nya tidaklah sulit, lokasinya tepat berada di jalanan utama Yogyakarta, tepat di tepi Jalan Laksda Adisucipto nomor 167. Jalanan utama yang menghubungkan kota Yogyakarta dan Solo. Makam dan Museum Affandi juga berada di tepi barat Sungai Gajahwong.

Affandi dikenal sebagai sosok yang sederhana dan suka merendah. Ia mengidolakan Sukrasana, adik dari narasoma (yang bergelar Prabu Salya), seorang tokoh sakti, berdarah putih, dan berwujud raksaksa kecil. Tokoh itu menurut Affandi merupakan perwakilan dari dirinya yang jauh dari wajah yang tampan.

Dari seluruh spot di Museum Affandi-Yogyakarta, saya merasa paling terinspirasi di spot dengan tulisan goresan tangan Affandi ; "Banyak Bekerja Supaya Panjang Umur" sketsa yang kini sudah berumur 28 tahun ini menurut informasi pengelola Museum, digoreskan Affandi pada saat meresmikan Lomba Lukis Anak-anak Lima Kota di Balairung Kampus UGM Bulaksumur Yogyakarta tahun 1984.. soInspiring!!

Makam Affandi sendiri bersebelahan dengan Isterinya, Maryati. Affandi wafat tanggal 23 Mei 1990 dan memilih ruang diantara galerinya sebagai tempat peristirahatannya yang terakhir, ia tidak ingin berada jauh dari karya dan rumahnya yang memang nyaman dan menyenangkan, wafat dan dimakamkan dengan dikelilingi karya-karyanya.

Senang rasanya sempat menziarahi makam seorang Maesto seperti Affandi. Semoga Karya-karyanya dapat dihitung sebai amal jariyah baginya kelak (mi).

Tentang Penulis

Foto 2

Muhammad Ihwan

Muhammad Ihwan. Kelahiran Yogyakarta, tinggal di Gresik. Gemar membaca dan menulis, menyenangi marketing dan public relations. Pernah menjadi Humas, sehari-hari mengelola penjualan retail Petrokimia Gresik wilayah Luar Jawa-Bali.

Tambahkan Komentar

First Name*
Komentarmu*
Top 10 Negara Pengunjung:
Total Pengunjung: