Leadership

02

Mar

2020

ETHOS, PATHOS, LOGOS DALAM KOMUNIKASI

Komunikasi seorang pemimpin itu sedikitnya harus memenuhi 3 (tiga) poin penting, yang seimbang yaitu ETHOS, PATHOS, dan LOGOS. Pertama, Ethos adalah kredibilitas seorang pemimpin yang diyakini sudah teruji sehingga tindakan dan ucapannya berkesesuaian. Apa yang diucapkannya tidak hanya didasari fakta dan kebenaran, juga terdapat tata nilai yang dijunjung tinggi. Pemimpin semacam ini harus memiliki kualitas personal yang mumpuni atau memiliki kompetensi yang tinggi. Sebuah penilaian yang lahir dari sekian rentang waktu pembuktian sehingga dapat dipercaya untuk mencapai tujuan bersama.Kedua, Pathos meliputi manner atau gaya dalam menyampaikan gagasan atau ide, penampakan emosi yang tidak berlebihan serta memperhatikan adab berbicara. Pathos adalah tentang bagaimana seseorang menempatkan diri dalam harmoni, kemudian bisa memahami keadaan, masalah dan perasaan orang lain.Ketiga, Logos, yaitu konsistensi logika, kaidah argumentasi deduktif dan induktif, serta basis data empirik yang disampaikan oleh seseorang atas sebuah fenomena. Logos menyangkut kemampuan seseorang menggunakan kecerdasannya untuk berkomunikasi, menanggapi ataupun memberikan solusi.

Kehilangan salah satu saja dari ketiga hal itu akan membuat komunikasi tidak bermanfaat secara maksimal. Dan siapa pun tahu, tidak akan pernah ada kehidupan yang berhasil dan bahagia tanpa komunikasi yang terjalin secara baik.

Sumber gambar : forbes.com

Tentang Penulis

Foto 2

Muhammad Ihwan

Muhammad Ihwan. Kelahiran Yogyakarta, tinggal di Gresik. Gemar membaca dan menulis, menyenangi marketing dan public relations. Pernah menjadi Humas, sehari-hari mengelola penjualan retail Petrokimia Gresik wilayah Luar Jawa-Bali.

Tambahkan Komentar

First Name*
Komentarmu*
Top 10 Negara Pengunjung:
Total Pengunjung: