God P Article

21

Feb

2015

MISTERI PARTIKEL TUHAN

Saya ingin share mengenai partikel Higgs Boson yang familiar disebut "Partikel Tuhan". Istilah Partikel Tuhan ini menimbulkan kontroversi, banyak kalangan menghubungkan penemuan ini dengan Tuhan dan agama. Apa sebenarnya Partikel Tuhan? Apa partikel itu yang menyusun Tuhan?. Sewaktu di Bandung, saya pernah membaca artikel bertajuk ; "The God Particle: If the Universe Is the Answer, What Is the Question?" Higgs Boson, adalah semacam partikel yang "hilang" dalam Model Standar Fisika Partikel. Higgs Boson berperan memberikan massa, partikel ini penting dan menentukan apakah atom dan semesta akan tercipta atau tidak sama sekali. Higgs sendiri diambil dari nama seorang fisikawan Inggris bernama Peter Higgs, Profesor Emeritus dari Universitas Edinburgh, pemegang Nobel Fisika untuk karyanya, Partikel Subatomik. Sedangkan Boson adalah istilah untuk menyebut partikel dasar/fermion yang cenderung berkelompok dengan partikel sejenis. Ada juga yang menyebut Boson sebagai partikel non-benda yang bekerja sebagai pembawa gaya atau pembawa pesan yang bergerak di antara partikel benda.

Lembaga penelitian yang mengerjakan eksperimen Partikel Tuhan ini adalah CERN (Conseil Europeene pour la Recherche Nucleaire), semacam lembaga yang didedikasikan untuk mendiskusikan pembangunan fasilitas penelitian fisika nuklir di Eropa. CERN berisi orang-orang jenius dari seluruh dunia yang fokus meneliti subpartikel. Bahkan, internet juga disebut ditemukan oleh ilmuwan-ilmuwan CERN ini.

Sejauh yang saya baca, Leon Lederman, seorang Nobelis Fisika, tahun 80-an pernah memberi julukan Higgs Boson 'The Goddamned Particle' (partikel terkutuk) dalam bukunya. Alasannya karena partikel tersebut sangat susah dicari dan ditemukan. Namun, istilah tersebut nampaknya akan sangat kontroversial, sehingga kata 'goddamned' tersebut diganti dengan isilah 'God Particle'. Bung Karno menyebutnya sebagai "Partikel Fundamental". Menjadi menarik karena Higgs adalah seorang atheis, sehingga dia sebenarnya tidak senang Partikel Higgs disebut sebagai Partikel Tuhan.

Istilah "God" mungkin pada saat itu dinilai tepat, karena partikel Higgs Boson begitu central dalam fisika saat ini, sangat krusial untuk mengembangkan pemahaman tentang materi dan sangat istimewa karena perannya. Tidak salah jika penemuan partikel Tuhan disebut sebagai salah satu hasil penelitian paling hebat yang pernah dicapai oleh umat manusia. Sebab, setelah ditelusuri, partikel ini menjadi kunci keberadaan alam semesta. Menurut para ahli, tanpa partikel Higgs-Boson, alam semesta diprediksi akan dingin, gelap, dan tanpa kehidupan, karena tidak memiliki massa. Atas fungsi dasar yang sangat penting itu, banyak ilmuwan yang setuju bila partikel Higgs-Boson disebut partikel Tuhan. Dengan demikian, jelas sudah bahwa julukan Partikel Tuhan sama sekali tidak ada hubungannya dengan Tuhan itu sendiri. Partikel Tuhan dibahas dalam kaitannya dengan ilmu fisika, bukan agama (mi).

Sumber tulisan : www.livescience.com dan www.scientificamerican.com serta beberapa artikel terkait.

Sumber foto : www.livescience.com

Tentang Penulis

Foto 2

Muhammad Ihwan

Muhammad Ihwan. Kelahiran Yogyakarta, tinggal di Gresik. Gemar membaca dan menulis, menyenangi marketing dan public relations. Pernah menjadi Humas, sehari-hari mengelola penjualan retail Petrokimia Gresik wilayah Luar Jawa-Bali.

Tambahkan Komentar

First Name*
Komentarmu*
Top 10 Negara Pengunjung:
Total Pengunjung: