SLG Monumen Kediri

20

Sep

2014

MONUMEN KEDIRI, L 'ARCH D' TRIOMPHE-NYA INDONESIA

Monumen Kediri berada di SLG (Simpang Lima Gumul) Kabupaten Kediri, tepat ditengah jalur lima jalan arah Pare, Kediri, Plosoklaten, Pesantrenan, dan Menang (dulu dikenal dengan istilah Proliman). Monumen yang sekilas mirip dengan L 'arch D' Triomphe (gerbang kemenangan) di Paris ini mulai dibangun tahun 2003, dan terdiri dari 8 (delapan) lantai. Konon monumen ini didirikan terinspirasi dari "Jongko Joyoboyo" Raja Kediri abad XII yang ingin menyatukan 5 (lima) wilayah di Kediri. Secara fisik monumen ini seluas 804 meter persegi dengan tinggi bangunannya mencapai 25 meter dan ditumpu tiga tangga setinggi 3 meter dari lantai dasar. Angka-angka tersebut menggambarkan tanggal, bulan, tahun, hari jadi Kabupaten Kediri, yakni 25 Maret 804 Masehi, juga terdapat Arca Ganesha di keempat sisinya.

Monumen Simpang Lima Gumul yang berjarak 6 km dari pusat kota Kediri ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti ruang untuk pertemuan di gedung utama dan hall auditorium di lantai atas yang beratapkan mirip kubah (dome), ruang serba guna di “basement”, diorama di lantai atas, minimarket yang jual souvenir di lantai bawah. Selain itu itu bangunan ini memiliki tiga akses jalan bawah tanah menuju monumen yang terhubung ke basemen dari tempat parkir. Hmm, senang rasanya sempat berkunjung kesini. (mi)

Baca Juga : Megahnya Gerbang Kemenangan Arc De Triomphe https://mihwan.id/travelling/m...

Tentang Penulis

Foto 2

Muhammad Ihwan

Muhammad Ihwan. Kelahiran Yogyakarta, tinggal di Gresik. Gemar membaca dan menulis, menyenangi marketing dan public relations. Pernah menjadi Humas, sehari-hari mengelola penjualan retail Petrokimia Gresik wilayah Luar Jawa-Bali.

Tambahkan Komentar

First Name*
Komentarmu*
Top 10 Negara Pengunjung:
Total Pengunjung: