Merlion 1

07

Jan

2017

MERLION, ICON LEGENDARIS SINGAPURA

Belum afdol rasanya kalau ke Singapura nggak ke Merlion Park. Area ini juga memiliki sebuah tanjung dengan teras tempat duduk dan sebuah dek untuk menonton yang sanggup menampung hingga 300 orang, serta sebuah tempat pendaratan kapal. Dek ini memberi panorama sang Merlion yang terbaik bagi para fotografer, dengan latar belakang cakrawala kota dan Marina Bay yang indah, termasuk gedung-gedung landmark seperti The Fullerton Singapore dan Esplanade.

Tentu saja yang menjadi perhatian adalan Patung Merlion. Ya, Patung Merlion ini landmark negara Singapura. Merlion sendiri adalah mahluk misterius yang berkepala singa dan berbadan ikan. Dari segi bahasanya, Mer berarti laut, dan lion berarti singa. Badan ikan melambangkan bahwa jaman dulu Singapura terkenal sebagai tempat dengan banyak nelayannya. Tubuhnya melambangkan awal Singapura yang sederhana sebagai sebuah desa nelayan yang disebut Temasek, yang berarti 'kota laut' dalam bahasa Jawa Kuno. Kepala singa melambangkan nama Singapura sebagai kota singa. Kepalanya mencerminkan nama asli negara ini, Singapura, atau 'kota singa' dalam bahasa Melayu.

Patung dengan tinggi lebih kurang 8-9 meter yang Memancurkan air dari mulutnya ini dibangun oleh pengrajin lokal Lim Nang Seng, untuk keperluan lambang Singapore Tourist Promotion Board (STPB) di tahun 1964. Kemudian diresmikan pada tanggal 15 September 1972 oleh Perdana Menteri Lee Kuan Yew di muara Singapore River untuk menyambut semua pengunjung yang datang ke Singapura.

Merlion Park adalah tempat yang sangat terkenal, jadi sangat mudah untuk ke tempat ini. Bila kita menggunakan MRT, silakan turun di stasiun Rafles Place dan keluar lewat Exit B. Berjalanlah ke arah gedung perkantoran, di belakang gedung perkantoran itu anda akan menemui sungai Singapore River. Di dekat sungai itu ada Hotel Fullerton, berjalanlah ke belakang hotel ini, dan kita akan menemui pertigaan jalan. Seberangi jalan yang paling besar. Turun dari jalan tersebut ke arah bawah anda akan melihat pinggiran laut. Nah berjalanlah keliling, Patung Merlion sudah dekaaat. Senang juga sudah sampai disini..

Tentang Penulis

Foto 2

Muhammad Ihwan

Muhammad Ihwan. Kelahiran Yogyakarta, tinggal di Gresik. Gemar membaca dan menulis, menyenangi marketing dan public relations. Pernah menjadi Humas, sehari-hari mengelola penjualan retail Petrokimia Gresik wilayah Luar Jawa-Bali.

Tambahkan Komentar

First Name*
Komentarmu*
Top 10 Negara Pengunjung:
Total Pengunjung: