Suramadu

24

Jan

2017

JEMBATAN SURAMADU; KEBANGGAAN BANGSA INDONESIA

Suramadu (Surabaya-Madura) adalah jembatan yang menghubungkan pulau Jawa dan pulau Madura, panjangnya sekitar 5 km, membentang melintasi selat Madura dan merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Saya wondering dengan jembatan ini, selain megah dan kokoh, jembatan inter island ini cantik. Suramadu adalah jembatan terpanjang di Indonesia. Posisi jembatan terpanjang di Indonesia yang sebelumnya disematkan pada Jembatan Posopati berhasil direbut Jembatan Suramadu dengan panjang dua kali lipat dari jembatan yang berada di Bandung itu.

Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini menjadi jembatan terpanjang yang ada di Indonesia untuk saat ini dan masuk Museum Rekor Indonesia (MURI) dan Guinness World Record. PAda tahun 2011 Suramadu dinyatakan sebagai salah satu jembatan terpanjang se-Asia Tenggara versi Guinness World Records. Jembatan Suramadu menempati urutan ketiga setelah Jembatan Penang, Malaysia sepanjang 13,5 km dan Jembatan Mawlamyaing, Myanmar sepanjang 6,6 km. Bahkan esuai Sistem Pemantauan Ketahanan Struktur Jembatan (Structural Health Monitoring System/SHMS), Jembatan Suramadu dirancang kuat dan diperkirakan bisa bertahan hingga 100 tahun.

Jembatan Suramadu

Bila berkunjung ke Suramadu, kita mungkin juga bisa menyaksikan fenomena 'laut terbelah' (halocline), fenomena yang terjadi karena adanya perbedaan densitas/massa jenis air laut, kadar garam/salinitas-nya berbeda. Selat Madura memang tempat bertemunya air sungai dan air laut, air dari Pelabuhan Ujung Muara Kalimas kemudian bertemu dengan air laut yang di Selat Madura.

Fenomena halocline di Suramadu
Sumber foto : Annonymous

Jembatan Suramadu merupakan hasil join venture dengan China Harbour Engineering ini memiliki 2 (dua) jalur searah, khusus mobil dan motor. Jembatan ini sangat mempersingkat waktu perjalanan dari kota surabaya menuju madura. Sebelum dibangunnya jembatan ini, transportasi untuk menuju Madura dan sebaliknya menggunakan kapal ferry. Jika menggunakan kapal ferry menuju pulau Madura biasanya memakan waktu hingga 30 menit itu pun belum termasuk antri dan menunggu kapal berangkat. Sedangkan jika kita menggunakan jembatan Suramadu ini dengan kendaraan bermotor, kita cuma perlu 10 menit saja untuk sampai ke Pulau Madura.

Well, so senaang juga karena dapat menjangkau pulau Madura dengan cepat. Senang sekali karena juga sempat berfoto di jembatan yang fantastis dan membanggakan ini.

Sumber foto : Pinterest.com

Tentang Penulis

Foto 2

Muhammad Ihwan

Muhammad Ihwan. Kelahiran Yogyakarta, tinggal di Gresik. Gemar membaca dan menulis, menyenangi marketing dan public relations. Pernah menjadi Humas, sehari-hari mengelola penjualan retail Petrokimia Gresik wilayah Luar Jawa-Bali.

Tambahkan Komentar

First Name*
Komentarmu*
Top 10 Negara Pengunjung:
Total Pengunjung: