Talegong garut orig

17

Sep

2016

TALEGONG, 'UJUNGNYA' GARUT

  • Traveling
  • 965x dibaca
  • 0 Komentar

Dalam suatu perjalanan, sampai juga di kecamatan Talegong, kecamatan paling ujung barat kabupaten Garut, lebih kurang 135 km melalui jalan berkelok-kelok dari pusat kota Garut. Kecamatan ini kecamatan berkabut, udaranya pun sejuk. Sebelum tahun 1983, Kecamatan ini masih merupakan salah satu desa dari kecamatan Cisewu. Baru pada 26 Desember 1983 Talegong menjadi kecamatan sendiri. Talegong memiliki keindahan alam yang luar biasa. Perkebunan teh yang hijau menghampar, jalan berkelok-kelok dan aliran sungai jernih merupakan sebagaian kecil lukisan keindahan alam Talegong.

Nama “Talegong” berasal dari legenda yang menceritakan bahwa satu saat nanti tempat ini akan menjadi Taraje Lega nu ngaGoong (bersuara nyaring) sehingga walaupun wilayah ini merupakan perbukitan yang terjal kedepan akan menjadi wilayah yang banyak didatangi oleh manusia yang tinggal di wilayahnya dan akan menjadi pusat pemerintahan sebagaimana induknya. Beberapa cerita yang saya dengar dari penduduk sekitar, nama Talegong berasal dari “TALI GOONG” karena pada sebuah tempat di Kampung Sawah Jeruk terdapat sebuah pohon kiara besar yang bernama Kiara Goong yang pada waktu-waktu tertentu sering terdengar bunyi bende/goong yang dipukul sehingga mengeluarkan bunyi yang cukup keras dan dapat didengar oleh masyarakat sekitar kampung tersebut, sehingga kampung tersebut lebih dikenal dengan sebutan “Kampung Talegong”.

Kecamatan Talegong sering dijadikan sebagai jalan alternatif untuk ke Garut Selatan. Jalan dari Pangalengan sampai ke Talegong sangat bagus, dan terbilang mulus lagi lebar. Saking mulusnya, jalan di Talegong pernah dijadikan even kejuaraan Longboard International, bertajuk Southeast Asia Longboarding : Talegong Longboard Festival 2013 in Garut West Java Indonesia. Keren bukaaan?!!

Keberadaan perkebunan teh Cukul menambah asri wilayah pegunungan ini, semakin menarik untuk dikunjungi. Waah, senang sudah bisa sampai ke ‘ujung’-nya Garut ini.

.

Tentang Penulis

Foto 2

Muhammad Ihwan

Muhammad Ihwan. Kelahiran Yogyakarta, tinggal di Gresik. Gemar membaca dan menulis, menyenangi marketing dan public relations. Pernah menjadi Humas, sehari-hari mengelola penjualan retail Petrokimia Gresik wilayah Luar Jawa-Bali.

Tambahkan Komentar

First Name*
Komentarmu*
Top 10 Negara Pengunjung:
Total Pengunjung: