Tugu pahlawan

10

Nov

2015

TUGU PAHLAWAN, SIMBOL PERLAWANAN

  • Traveling
  • 417x dibaca
  • 0 Komentar

Tugu Pahlawan yang melegenda itu adalah sebuah monumen yang menjadi landmark Kota Surabaya, berdekatan dengan kantor Gubernur Propinsi Jawa Timur. Monumen dengan bentuk lingga atau paku terbalik yang mempunyai ketinggian 41,15 meter ini adalah monumen paling terkenal di Surabaya. Tubuh monumen berbentuk canalures (lengkungan) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Tanggal bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena pada 10 November 1945 bangsa Indonesia menjadi saksi bagaimana arek-arek Suroboyo bertempur dengan gagah berani, berjuang melawan pasukan Belanda dibantu Sekutunya.

Pada salah satu sisi, terdapat patung proklamator Bung Karno dan Bung Hatta saat membaca proklamasi kemerdekaan diantara pilar-pilar tinggi yang menyerupai reruntuhan suatu bangunan. Pada pilar-pilar tersebut terdapat tulisan-tulisan pembangkit semangat kemerdekaan yang menyerupai coretan-coretan. Sedangkan di dalam museum terdapat diorama tentang perjuangan rakyat Surabaya dan rekaman pidato Bung Tomo yang berhasil membakar semangat juang arek-arek Suroboyo. Kita juga dapat lebih mengetahui bagaimana gambaran tentang pertempuran yang terjadi dengan menyaksikan film dokumenter yang menggambarkan suasana pertempuran 10 Nopember 1945. Di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan, dengan kedalaman 7 meter terdapat sebuah museum untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya, di museum ini juga terdapat foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan.

Terdapat pula prasasti yag bertuliskan; "Pahlawan sejati tidak minta dipuji jasanya. Bunga mawar tidak mempropagandakan harumnya, tetapi harumnya dengan sendiri semerbak kekanan-kiri. Tetapi hanya bangsa yang tahu menghargai pahlawan-pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar. Karena itu, hargailah pahlawan-pahlawan kita.." (Sukarno, 10 November 1949) senang sempat berkunjung ke monumen ini..

Tentang Penulis

Foto 2

Muhammad Ihwan

Muhammad Ihwan. Kelahiran Yogyakarta, tinggal di Gresik. Gemar membaca dan menulis, menyenangi marketing dan public relations. Pernah menjadi Humas, sehari-hari mengelola penjualan retail Petrokimia Gresik wilayah Luar Jawa-Bali.

Tambahkan Komentar

First Name*
Komentarmu*
Top 10 Negara Pengunjung:
Total Pengunjung: