Gunung conglam atau zhongnan

13

Des

2016

LEGENDA GUNUNG CONGLAM/ZHONGNAN

Gunung Conglam/Zhongnan berada di kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, masih satu provinsi dengan Gunung Butong/Wudang. Di Gunung inilah Ong Tiongyang/Wang Chongyang mendirikan aliran Quanzen pada masa Dinasti Song (960-1127). Dalam Trilogi Pendekar Rajawali, Wang Chongyang diceritakan sebagai pendekar yang memenangkan pertarungan di puncak Hua-Shan. Dia keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Racun Barat, Sesat Timur, Pengemis Utara dan Raja selatan.

Wang Chongyang pula yang membangun kuburan untuk dirinya sendiri di sekitar gunung Zhongnan, yang termahsyur dengan sebutan “Kuburan Mayat Hidup” atau Kuburan Kuno tempat Shiauw Liong Li/Bibi Lung tinggal. Ajaran Wang Chongyang beliau tentang Taoisme dikenal dengan mahzab Quanzhen, yang artinya adalah “Realisasi Sempurna”.

Ditempat ini lahir 7 pendekar Quanzen yang legendaris itu, Ketujuh murid Wang Chongyang disebut juga dikenal dengan “Tujuh Manusia Zhenren”. Zhenren artinya disini adalah manusia sejati / mencapai Tao / yang tercerahkan, yang menyebarkan ajaran Quanzhen dengan caranya masing-masing sehingga menghasilkan tujuh sekte yang berbeda.

- Sekte Qiu Chuji disebut Longmen

- Sekte Liu Chuxuan disebut Suishan

- Sekte Tan Chuduan disebut Nanwu

- Sekte Ma Danyang disebut Yuxian

- Sekte Hao Datong disebut Huashan

- Sekte Wang Yuyang disebut Yushan

- Sekte Sun Bu’er disebut Qingjing

Jajaran pegunungan Zhongnan di dataran Tiongkok Tengah selama kurang lebih 3.000 tahun, memang dikenal merupakan tempat kediaman para pertapa, orang suci, dan shaman. Diantara hutan-hutan, air terjun, dan lembah-lembahnya, mereka tinggal dalam Gua-Gua alam, ada juga yang membangun pertapaan mereka dari batu atau kayu.

Tentang Penulis

Foto 2

Muhammad Ihwan

Muhammad Ihwan. Kelahiran Yogyakarta, tinggal di Gresik. Gemar membaca dan menulis, menyenangi marketing dan public relations. Pernah menjadi Humas, sehari-hari mengelola penjualan retail Petrokimia Gresik wilayah Luar Jawa-Bali.

Tambahkan Komentar

First Name*
Komentarmu*
Top 10 Negara Pengunjung:
Total Pengunjung: