7459846

08

Feb

2015

DESTINY DISRUPTED

Jumlah Halaman 416
ISBN 9781433272264
Bahasa Indonesia
penerbit PublicAffairs
dimensi 145 x 211 x 28mm
Published At 26/09/2020 09.24

Saya dengar begitu memeluk Islam, Sophia Latjuba membaca buku Destiny Disrupted: A History of the World through Islamic Eyes, buku yang kebetulan juga telah saya baca beberapa waktu yang lalu. Buku hebat karya Tamin Ansary, penulis asli Afghanistan yang menetap di Amerika Serikat. (latar belakang Tamin Ansyari ini kelak akan banyak membantunya dalam memberikan pandangan ideal dalam melihat dunia dari dua perspektif yang berbeda: barat dan timur).

Tamin Ansary menulisnya dengan gaya penulisan yang renyah, logis, dan menyenangkan. Ia membawa pembaca untuk menjelajahi masa demi masa perkembangan komunitas Islam hingga kini. Buku ini dimulai dengan kisah kelahiran peradaban Mesir dan Mesopotamia, era Yunani dan Roma, kebangkitan Islam hingga sejarah kekinian termasuk kisah 9/11. Perpecahan negara dan aliran mazhab, diceritakan dengan cepat tetapi jelas, untuk memudahkan pembaca faham apa yang sedang terjadi di dunia saat ini.

Menariknya, kata “Dunia” yang dalam stigma keseharian dan yang juga termaktub di dalam buku ini identik dengan Dunia Barat, akan diklarifikasi oleh Tamim Ansary. Konsepsi modern tentang sejarah dunia yang memarjinalkan bahkan menihilkan eksistensi kaum muslim, termasuk peradaban lain seperti China, dalam narasi besar dunia. Buku ini memberi sumbangan Islam yang berarti bagi dunia, pada saat jazirah Eropa terperangkap dalam ‘Zaman Kegelapan’.

Buku ini memang layak dibaca. tidak hanya Sophia Latjuba, kita juga pasti banyak penasaran dengan fakta-fakta yang diungkap di buku tersebut.. Penulisannya cerdas, tidak memihak, melainkan memperlihatkan apa yang patut disaksikan oleh dunia saat ini. #layakdibaca #recomended

Tentang Penulis

Foto 2

Muhammad Ihwan

Muhammad Ihwan. Kelahiran Yogyakarta, tinggal di Gresik. Gemar membaca dan menulis, menyenangi marketing dan public relations. Pernah menjadi Humas, sehari-hari mengelola penjualan retail Petrokimia Gresik wilayah Luar Jawa-Bali.

Tambahkan Komentar

First Name*
Komentarmu*
Top 10 Negara Pengunjung:
Total Pengunjung: