4149993

21

Feb

2015

KUDU-KUDU FILLET YANG MAKNYUS

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan mencicipi Kudu-kudu Fillet di RM. Apong Makassar. Ikan Kudu-kudu (Ostracion cubicus) bentuknya kubus, malah cenderung bersegi enam, kulitnya keras namun lembut di dalam. Banyak sahabat saya menyangka ikan Kudu-kudu sama dengan ikan Buntal, tapi mereka tidaklah sama. Ikan buntal berduri pada kulitnya dan bisa mengembang. Ikan kudu-kudu seperti bercangkang dan dijamin tidak beracun.

Istimewanya lagi, daging kudu-kudu nggak sama dengan daging ikan lain. Daging dan rasa ikan Kudu-kudu berserat agak kasar mirip serat dan rasa pada daging ayam. Ikan Kudu-kudu semakin mantap bila disajikan dengan 4 (empat) jenis sambal khas Makassar: sambal petis, sambal tomat ijo, sambal cobek terasi, dan sambal rica-rica. Kalau ingin mendapatkan rasa pedas-pedas manis yang menonjok, biasanya sambal petis, sambal tomat ijo, dan sambal cobek terasi dicampur. Berikutnya tinggal mencolekkan potongan-potongan daging kudu-kudu sebelum disantap. Aih, maknyuuusss.... (mi)

Tentang Penulis

Foto 2

Muhammad Ihwan

Muhammad Ihwan. Kelahiran Yogyakarta, tinggal di Gresik. Gemar membaca dan menulis, menyenangi marketing dan public relations. Pernah menjadi Humas, sehari-hari mengelola penjualan retail Petrokimia Gresik wilayah Luar Jawa-Bali.

Tambahkan Komentar

First Name*
Komentarmu*
Top 10 Negara Pengunjung:
Total Pengunjung: