
Beberapa istilah marketing mungkin memang perlu untuk dianalogikan agar seorang marketer dapat meresapi makna dan mengimplementasikan teori-teori marketing dalam kegiatan usahanya. Berikut beberapa analogi yang dimaksud :
- Anda melihat seorang wanita cantik pada suatu pesta, Anda menghampirinya lantas langsung berbicara : “Saya orang kaya, nikah sama saya yuk!â€, itu namanya DIRECT MARKETING.
- Anda sedang dalam suatu pesta bersama teman-teman Anda, lalu Anda lihat ada wanita sangat cantik. Salah satu teman Anda menghampiri wanita itu, sambil menunjuk kepada Anda dia berbicara :“Dia orang kaya, nikah sama Dia yah!â€, itu namanya ADVERTISING.
- Anda melihat seorang wanita cantik pada suatu pesta, Anda menghampirinya lalu meminta nomer HP-nya.. dan besoknya Anda menelpon dia terus berbicara “Saya orang kaya, nikah sama saya yuk!â€, itu namanya TELEMARKETING.
- Anda melihat wanita cantik pada suatu pesta, Anda lantas merapikan dasi Anda, Anda menuangkan minum untuk dia, membukakan pintu untuk dia, membawakan barang-barangnya, dan lantas sambil mengantarnya Anda berbicara “Saya orang kaya, nikah sama saya yuk!â€, itu namanya PUBLIC RELATION.
- Anda melihat wanita cantik pada suatu pesta. Dia menghampiri Anda terus berbicara, “Kamu orang kaya kan?, nikah sama saya yuk!â€, itu namanya BRAND RECOGNITION.
- Anda melihat wanita cantik pada suatu pesta, Anda menghampirinya langsung berbicara “Saya orang kaya nih, nikah sama saya yuk!â€, dan Anda mendapat tamparan dari dia, itu namanya CUSTOMER FEEDBACK.
- Anda melihat seorang wanita cantik pada suatu pesta, Anda menghampirinya terus langsung berbicara, “Saya orang kaya, nikah sama saya yuk!â€, lantas dia mengenalkan Anda ke suaminya, itu namanya DEMAND AND SUPPLY GAP.
- Anda melihat seorang wanita pada suatu pesta, Anda menghampirinya, tapi belum juga Anda sempat berbicara apa-apa, ada laki-laki lain datang lantas berbicara, “Saya orang kaya, nikah sama saya yuk!â€, itu namanya MARKETING COMPETITION.
- Anda melihat seorang wanita cantik pada suatu pesta, Anda lantas menghampirinya, tapi belum juga Anda sempat berbicara apa-apa, ada Laki-laki lain datang lalu berbicara, “Saya orang kaya, nikah sama saya yuk!â€, dan wanita itu lantas pergi bersama laki-laki itu, itu namanya LOSING MARKET SHARE.
- Anda melihat seorang wanita cantik pada suatu pesta, Anda menghampirinya tapi belum juga Anda sempat berbicara “Saya orang kaya, nikah sama saya yuk!â€, Eh tiba-tiba teman Anda mengenalkan wanita lain pada Anda..!!, itu namanya BARRIER TO NEW MARKET ENTRY.
Baca juga seri marketing :
4. Penjualan adalah (Bagian dari) Pemasaran
5. Menjadi Omni, Menerapkan Yin and Yang dalam Berbisnis
Sumber tulisan : Adaptasi dan diterjemahkan dari psudomarketing.com
Sumber Foto : Anthony DELANOIX