Marketing

05

Okt

2015

MARKETING DAN WANITA CANTIK PADA SUATU PESTA

Beberapa istilah marketing mungkin memang perlu untuk dianalogikan agar seorang marketer dapat meresapi makna dan mengimplementasikan teori-teori marketing dalam kegiatan usahanya. Berikut beberapa analogi yang dimaksud :

  1. Anda melihat seorang wanita cantik pada suatu pesta, Anda menghampirinya lantas langsung berbicara : “Saya orang kaya, nikah sama saya yuk!”, itu namanya DIRECT MARKETING.
  2. Anda sedang dalam suatu pesta bersama teman-teman Anda, lalu Anda lihat ada wanita sangat cantik. Salah satu teman Anda menghampiri wanita itu, sambil menunjuk kepada Anda dia berbicara : “Dia orang kaya, nikah sama Dia yah!”, itu namanya ADVERTISING.
  3. Anda melihat seorang wanita cantik pada suatu pesta, Anda menghampirinya lalu meminta nomer HP-nya.. dan besoknya Anda menelpon dia terus berbicara “Saya orang kaya, nikah sama saya yuk!”, itu namanya TELEMARKETING.
  4. Anda melihat wanita cantik pada suatu pesta, Anda lantas merapikan dasi Anda, Anda menuangkan minum untuk dia, membukakan pintu untuk dia, membawakan barang-barangnya, dan lantas sambil mengantarnya Anda berbicara “Saya orang kaya, nikah sama saya yuk!”, itu namanya PUBLIC RELATION.
  5. Anda melihat wanita cantik pada suatu pesta. Dia menghampiri Anda terus berbicara, “Kamu orang kaya kan?, nikah sama saya yuk!”, itu namanya BRAND RECOGNITION.
  6. Anda melihat wanita cantik pada suatu pesta, Anda menghampirinya langsung berbicara “Saya orang kaya nih, nikah sama saya yuk!”, dan Anda mendapat tamparan dari dia, itu namanya CUSTOMER FEEDBACK.
  7. Anda melihat seorang wanita cantik pada suatu pesta, Anda menghampirinya terus langsung berbicara, “Saya orang kaya, nikah sama saya yuk!”, lantas dia mengenalkan Anda ke suaminya, itu namanya DEMAND AND SUPPLY GAP.
  8. Anda melihat seorang wanita pada suatu pesta, Anda menghampirinya, tapi belum juga Anda sempat berbicara apa-apa, ada laki-laki lain datang lantas berbicara, “Saya orang kaya, nikah sama saya yuk!”, itu namanya MARKETING COMPETITION.
  9. Anda melihat seorang wanita cantik pada suatu pesta, Anda lantas menghampirinya, tapi belum juga Anda sempat berbicara apa-apa, ada Laki-laki lain datang lalu berbicara, “Saya orang kaya, nikah sama saya yuk!”, dan wanita itu lantas pergi bersama laki-laki itu, itu namanya LOSING MARKET SHARE.
  10. Anda melihat seorang wanita cantik pada suatu pesta, Anda menghampirinya tapi belum juga Anda sempat berbicara “Saya orang kaya, nikah sama saya yuk!”, Eh tiba-tiba teman Anda mengenalkan wanita lain pada Anda..!!, itu namanya BARRIER TO NEW MARKET ENTRY. (mi).

Sumber tulisan : Adaptasi dan diterjemahkan dari psudomarketing.com

Sumber Foto : newbreedmarketing.com

Tentang Penulis

Foto 2

Muhammad Ihwan

Muhammad Ihwan. Kelahiran Yogyakarta, tinggal di Gresik. Gemar membaca dan menulis, menyenangi marketing dan public relations. Pernah menjadi Humas, sehari-hari mengelola penjualan retail Petrokimia Gresik wilayah Luar Jawa-Bali.

Tambahkan Komentar

First Name*
Komentarmu*
Top 10 Negara Pengunjung:
Total Pengunjung: