World religion symbols

11

Apr

2015

ISLAM, PLURALITAS, DAN KALIMATUN SAWA

Kita tentu menyadari benar bahwa masyarakat Indonesia sangat pluralistik, baik dari segi suku, adat, etnis, istiadat, budaya, maupun agama. Dari segi agama, sejarah membuktikan bahwa hampir semua agama, khususnya agama-agama besar dapat berkembang dan terwakili aspirasinya di Indonesia. Itulah sebabnya masalah toleransi dan dialog antar agama menjadi sangat penting, kalau bukan malah suatu keharusan.

Semangat pluralitas sebenarnya berpijak pada semangat humanitas dan universalitas Islam. Semangat humanitas di sini, adalah bahwa Islam merupakan agama kemanusiaan. Dengan kata lain, visi Islam itu sejalan dengan cita-cita kemanusiaan pada umumnya, dan kerasulan Muhammad adalah untuk mewujudkan rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil 'alamin). Jadi bukan semata-mata untuk menguntungkan komunitas Islam saja.

Sedangkan pengertian universalitas Islam, secara teologis berarti "sikap pasrah kepada Tuhan" atau "perdamaian". Dengan pengertian ini, agama yang benar pasti bersifat al-Islam karena mengajarkan kepasrahan kepada Tuhan dan perdamaian. Tafsir Islam seperti ini, akan bermuara kesatuan kemanusiaan (the unity of mankind), sebagai derivasi dari konsep ke-Maha Esa-an Tuhan (the unity of God atau tauhid). Konsepsi ini menjadikan Islam bersifat kosmopolit dan mampu menjadi rahmat bagi seluruh alam. Posisi seperti ini mengharuskan umat Islam menjadi umat penengah (ummatan wasathan) dan saksi (syuhada) di antara sesama manusia.

Oleh sebab itu, yang penting adalah bagaimana umat Islam mengembangkan dimensi pluralitas itu sehingga menemukan "kalimatun sawa" (titik temu) dan menerima kebhinekaan, yakni sistem nilai yang memandang secara positif-optimis terhadap kemajemukan dengan menerimanya sebagai kenyataan dan berbuat sebaik mungkin atas dasar kenyataan itu. Sebagai konsekuensi dari paham kemajemukan beragama ini, umat Islam harus memposisikan diri sebagai mediator dan moderator di tengah pluralitas agama-agama di Indonesia. (mi)

Sumber foto : https://www.slideshare.net/

Tentang Penulis

Foto 2

Muhammad Ihwan

Muhammad Ihwan. Kelahiran Yogyakarta, tinggal di Gresik. Gemar membaca dan menulis, menyenangi marketing dan public relations. Pernah menjadi Humas, sehari-hari mengelola penjualan retail Petrokimia Gresik wilayah Luar Jawa-Bali.

Tambahkan Komentar

First Name*
Komentarmu*
Top 10 Negara Pengunjung:
Total Pengunjung: